Lebaran adalah Saat yang Tepat untuk Membuat Resolusi

Umumnya orang-orang merancang resolusi mereka pada saat pergantian tahun. Jargon-jargon semisal “New Year, New Me” dan lain sebagainya biasa digaung-gaungkan pada awal tahun.

Namun, apakah itu efektif?

Tengok tahun 2019 yang sudah berlalu separuh jalan ini. Apakah resolusi anda di awal tahun? Sudahkah terwujud?

Resolusi-resolusi tersebut tenggelam, mungkin akibat kesibukan atau sekadar ketidakpedulian kita hingga di pertengahan tahun seolah-olah menguap tak berbekas.

Tetapi kenapa?

Barangkali kita tidak membuat resolusi di saat yang tepat.

Membuat resolusi mirip dengan merencanakan perjalanan. Hal pertama yang harus kita tahu adalah di mana tepatnya “posisi” kita saat ini. Berbekal itulah kita bisa menentukan ke mana akan menuju.

Lebaran adalah saat di mana kita bisa mengetahui “posisi” kita. Entah mudik atau tidak, sebagian besar dari kita pasti tidak asing dengan kumpul-kumpul keluarga atau reuni dengan kawan-kawan lama. Mau tidak mau, suka tidak suka, sadar tidak sadar, kita akan membandingkan diri dengan orang-orang yang sudah lama tidak kita jumpai itu.

Banyak orang berkata, “Membandingkan diri dengan orang lain tidak ada gunanya, kita tidak sedang berkompetisi, masing-masing memiliki time zone masing-masing”.

Sebuah nasihat bagus yang bertujuan agar kita fokus kepada pencapaian diri sendiri, bukan orang lain.
Tetapi jujur, sulit sekali untuk tidak membandingkan diri dengan orang lain, apalagi di momen lebaran ini di mana pertanyaan-pertanyaan simple nan sulit macam, “Kapan lulus?”, “Kerja di mana sekarang?”, “Sudah nikah?”, “Anak sudah berapa?” mendominasi percakapan di rumah-rumah.

Karena itulah membuat resolusi pada saat lebaran ini akan sangat berguna. Orang lain boleh memiliki pencapaian yang luar biasa, yang dalam pikiran kita sungguh hebat dan sulit untuk kita samai. Good for them.

Tetapi kita juga punya kehidupan sendiri, sesuatu yang perlu kita perjuangkan dan kembangkan. Lihat dan fokus kembali pada hidup kita. Apa yang bisa diperbaiki? Apa yang bisa kita perjuangkan untuk kita wujudkan di lebaran berikutnya?

Membuat resolusi saat lebaran akan membuat kita fokus kepada diri sendiri.
Akan selalu ada momen saat kita menengok kepada pencapaian orang lain dan berpikir, “Wow mereka jauh lebih hebat dari aku!”.

Dengan fokus kepada resolusi sendiri, kita akan sadar bahwa,
pencapaian orang lain bukan urusan kita. Kita tak akan menang atau kalah melawan mereka. Satu-satunya pertarungan yang bisa kita menangi adalah pertarungan melawan diri sendiri.

Tinggalkan Balasan